Cara Penyembuhan Asam Urat

Penderita asam urat hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan yang termasuk dalam makanan rendah purin dan purin sedang. Selain mengatur pola makan yang teratur dan seimbang merupakan salah satu cara efektif yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan asam urat berlebih.

Berikut ini ada beberapa cara dalam penyembuhan asam urat, diantaranya adalah :

1. Membatasi asupan purin atau rendah purin

Mereka yang mengidapa penyakit asam urat harus melakukan diet rendah purin atau diet normal. Asupan purin yang berasal dari makanan mencapai 600-1000 mg per hari. Namun bagi penderita asam urat asupan purin harus dibatasi dan dikurangi menjadi 120-150 mg per hari. Purin merupakan salah satu bagian dari protein. Asupan makanan yang mengandung protein yang disarankan untuk penderita asam urat hanya berkisar 50-70 gram bahan mentah per hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan /hari.

2. Asupan energi sesuai dengan kebutuhan

Jumlah asupan energi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi badan dan berat badan.

3. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat

Untuk penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang diperkaya oleh karohidrat kompleks seperti nasi, singkomg, roti dan ubi. Konsumsi karbohidrat kompleks ini tidak kurang dari 100 gram per hari yakn sekitar 65-75% dari kebutuhan total energi tubuh.

4. Mengurangi konsumsi lemak

Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarin, mentega, avokad, dan durian sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total.

5. Mengonsumsi banyak cairan

Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimum 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pir, jeruk, semangkan, melon, blewah, dan belimbing.

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Karena itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

7. Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral

Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik.

8. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran untuk menjaga ketahanan tubuh terhadap infeksi yang lebih parah. Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan asam urat, antara lain buah naga, nanas, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Asam Urat Tinggi, Penyembuhan Asam Urat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>